Ajak Bersyukur dan Tingkatkan Ibadah, Bupati Demak Launching Kegiatan Pesantren Ramadhan 2024.

Demak – Bupati Demak, Eistianah membuka acara Opening Ceremony sebagai tanda dibukanya kegiatan pesantren Ramadhan 1445 H tingkat SMP Se-Kabupaten Demak di SMP Negeri 2 Karanganyar pada Kamis, 14 Maret 2024. Selain bupati Demak, turut hadir dalam acara tersebut adalah Kapolres Demak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Kepala Bidang Pembinaan SD SMP, Kepala Seksi SMP, Pengawas SMP, Ketua dan pengurus MKKS, Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Jawa tengah, Ketua dan Pengurus MGMP PAI SMP Kab. Demak.

Dalam sambutannya Eistianah mengajak kita untuk senantiasa bersyukur karena telah diberi kesempatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dan semua amalan dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini. “Mari kita tingkatkan ibadah, juga tak lupa berdo’a supaya warga Demak terhindar dari bencana, dan selalu menjaga Kesehatan baik diri kita, keluarga dan saudara dengan meningkatkan imunitas.” imbuhnya.

Bu Eisti begitu sapaan akrabnya juga mengingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca ekstrem saat ini yang menurut prediksi BMKG masih akan berlangsung sampai pekan depan. “Saat ini di beberapa daerah di Kabupaten Demak sudah banyak terdampak banjir sebagai akibat curah hujan yang sangat tinggi. Tidak hanya di daerah yang dekat aliran sungai, bahkan di sekitar pendopo kabupaten juga terjadi banjir.” tuturnya.

Ia mengingatkan juga kepada anak-anak sekolah agar terus menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti demam berdarah (DB) dan lainnya. “Bahkan jika memang terpaksa, sekolah dapat menempuh pembelajaran jarak jauh akibat kendala alam yangf menyebabkan sulitnya akses menuju sekolah.” tegasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten demak, Haris Wahyudi Ridwan menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk menguatkan karakter dan peningkatan pemahaman pengamalan ibadah serta peningkatan rasa cinta terhadap rumah ibadah. HWR  berharap kegiatan pesantren Ramadhan ini menjadi role model di provinsi Jawa Tengah.

“Kegiatan pesantren Ramadhan tahun ini didampigi dengan buku panduan (baca: Buku Kegiatan Ramadhan) yang di dalamnya terdapat QR Code berisi murottal, tadarus Al-Qur’an, kultum menjelang buka puasa dari guru-guru PAI se-Jawa Tengah”. pungkasnya.

Dipilihnya SMP Negeri 2 Karanganyar karena SMP ini termasuk daerah yang terdampak banjir beberap waktu yang lalu. Maka dalam kegiatan tersebut bupati Demak sekaligus menyerahkan bantuan kepada sekolah yang terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar dan sekitarnya.

Selain dari bupati Demak, MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah juga menyerahkan bantuan kepada beberapa sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Karanganyar, SMP Negeri 2 Karanganyar, SMP Cayaha Tasbih, dan TPQ Al-Furqan.

Ketua MGMP PAI Provinsi Jawa Tengah, Syaekudi turut hadir dan menyalurkan bantuan berupa tas, buku tulis, dam peralatan sekolah lainnya kepada siswa terdampak banjir di Kecamatan Karanganyar. Ia berharap semoga kemuliaan dan keberkahan bulan Ramadhan ini bisa meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan sosial kita kepada sesama. (RZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *