Kepala Bidang PAI Membuka Acara Virtual: “Pesantren Ramadhan” MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah, 11 Maret 2024 – Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Nurzaini Wahyu Widodo secara resmi membuka acara “Pesantren Ramadhan” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP hari ini secara virtual.

Dengan bulan suci Ramadan yang telah tiba, para pendidik dan pemangku kepentingan dalam pendidikan Agama Islam telah mengambil langkah penting dalam meningkatkan pemahaman dan penghargaan siswa terhadap makna spiritual dari bulan suci ini. Acara “Pesantren Ramadhan” virtual berfungsi sebagai platform bagi guru dan siswa untuk lebih dalam memahami ajaran dan praktik Islam, membina rasa kesalehan dan pertumbuhan spiritual di kalangan generasi muda.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag  Provinsi Jawa Tengah, dalam pidatonya, menekankan pentingnya memanfaatkan pendekatan inovatif dalam pendidikan agama, terutama di era digital. Nurzaini menyatakan, “Menggabungkan teknologi ke dalam pendidikan agama memungkinkan kita untuk mencapai khalayak yang lebih luas dan melibatkan siswa dengan lebih efektif. Acara ‘Pesantren Ramadhan’ merupakan contoh yang sangat baik bagaimana kita dapat memanfaatkan platform digital untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap ajaran Islam.”

Nurza, demikian sapaan akrabnya lebih lanjut menyatakan bahwa Bidang PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah akan terus memberikan support terhadap peningkatan kompetensi guru PAI SMP di Jawa Tengah. “Kami sudah menyiapkan beberapa kegiatan peningkatan kompetensi bagi GPAI SMP yang insyaAllah akan dilaksanakan setelah lebaran”, paparnya.

Pria murah senyum ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah sebagai MGMP yang paling aktif di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia. “Kami juga selalu melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah ke kemenag pusat.” Tuturnya. Ia berharap semoga segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah dapat menjadi investasi yang berharga bagi kemajuan pendidikan agama Islam di Provinsi Jawa Tengah. Teriring doa semoga Allah Swt. senantiasa memberkahi langkah-langkah yang dilakukan.” Pungkasnya.

Acara Pembukaan tersebut juga dihadiri oleh anggota Dewan Pakar MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah, Amin Nurbaedi. Dalam sambutannya, Amin memberikan apresiasi dan kebanggaannya kepada segenap Pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah yang telah berinisiasi menyelenggarakan kegiatan pesantren Ramadhan secara virtual ini. “Kegiatan ini sebagai wujud eksistensi MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah yang terus mengembangkan kegiatannya baik secara luring maupun daring”, tuturnya.

Lebih lanjut pria berkumis ini menyatakan bahwa eksistensi MGMP PAI SMP di Jawa Tengah sudah selayaknya menjadi role model bagi MGMP lain dalam melaksanakan kegiatan ke-PAI-an. “MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah selalu mempunyai lompatan-lompatan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para Guru PAI dan siswa PAI.” Tuturnya.

Sementara itu, Syaekudin, Ketua Umum MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah memaparkan program terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 1445 H / 2024 M. “Kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini terdiri dari 3 kegiatan, yaitu Tadarus Al-Qur’an secara online yang disiarkan secara langsung pada Channel Youtube MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah dengan melibatkan Guru-Guru PAI SMP di Jawa Tengah, Kultum menjelang berbuka puasa juga diikiti oleh guru PAI SMP di Jawa Tengah, dan lomba kultum menjelang berbuka yang diikuti oleh perwakilan siswa/siswi terbaik dari kabupaten/kota di seluruh Jawa Tengah”, paparnya.

Syaekudin mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Kota se-Jawa Tengah yang telah menyatakan antusiasme mereka terhadap kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kompetensi pedagogis, spiritual, dan profesional mereka dalam memberikan layanan pendidikan agama. “Acara seperti ‘Pesantren Ramadhan’ memberikan kita wawasan dan sumber daya berharga yang dapat kita terapkan dalam praktik mengajar kita, pada akhirnya memperkaya pengalaman belajar bagi siswa kita.” Tuturnya.

Acara “Pesantren Ramadhan” oleh MGMP PAI SMP diharapkan tidak hanya mendalami pemahaman guru dan siswa tentang prinsip-prinsip Islam, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas di antara peserta, meskipun jarak fisik yang diberlakukan oleh format virtual.

Saat Provinsi Jawa Tengah bersiap untuk mengamati bulan suci Ramadan, inisiatif seperti “Pesantren Ramadhan” mencerminkan komitmen Jawa Tengah untuk membina generasi yang tercerahkan secara spiritual dan berakhlak mulia, terutama dalam menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dan Moderasi Beragama. Acara pembukaan Pesantren Ramadhan ini juga dihadiri oleh pengurus MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah, Pengurus MGMP PAI SMP Kabupaten Kota di Jawa Tengah dan Guru PAI SMP se-Jawa Tengah. Rangkaian acara yang telah terjadwal akan dimulai sejak tanggal 14 Maret sampai dengan 27 Maret 2024 melalui platform Zoom dan Youtube MGMP PAI SMP Provinsi Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *