Perkuat Karakter Profil Pelajar Pancasila Dan Moderasi Beragama, SMP Negeri 1 Kebonagung Gelar Kemah Bakti Santri

Demak, 9 Maret 2024 – Dalam sebuah upaya untuk memperluas pengalaman pendidikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan, SMP Negeri 1 Kebonagung menyelenggarakan kegiatan Kemah Bakti Santri yang telah resmi dibuka hari ini oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak.

Upacara pembukaan yang diselenggarakan di halaman SMP Negeri 1 Kebonagung, dihadiri oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa SMP Negeri 1 Kebonagung. Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak menandai dukungan pemerintah Kabupaten Demak terhadap kegiatan-kegiatan pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan.

Dalam sambutannya, HRW begitu sapaan akrabnya menyampaikan tiga hal penting dalam berkegiatan, yaitu rasa komitmen yang kuat, kebahagiaan, dan kreativitas. “Kebahagiaan dalam berkegiatan akan melahirkan aura yang positif, sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan akan terasa lebih ringan dan tidak memberatkan”, jelas Haris.

Haris Wahyudi Ridwan, demikian nama lengkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kabupaten Demak berharap agar apa yang sudah direncanakan oleh panitia bisa berjalan sesuai harapan. “Kegiatan ini sangat luar biasa dan memberikan banyak inspirasi bagi yang lain agar nilai-nilai karakter yang dikembangkan di sekolah semakin mendunia,” paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak dalam sambutannya juga mengapresiasi inisiatif dari SMP Negeri 1 Kebonagung dalam mengadakan acara semacam ini. “Kegiatan semacam ini sangat penting dalam memperkaya pengalaman pendidikan para siswa di luar pembelajaran intrakurikuler mereka. Saya berharap acara ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta,” ujarnya.

Kemah Bakti Santri ini diharapkan juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi para siswa, dengan menggabungkan pembelajaran agama, kegiatan sosial, dan kebersamaan dalam satu paket. “Kami berharap melalui Kemah Bakti ini, para siswa dapat memperdalam pemahaman agama serta menguatkan hubungan kebersamaan di antara mereka,” ujar Nasokha Nurhadi, Plt. Kepala SMP Negeri 1 Kebonagung.

Nasokha menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya akan berhenti sampai di sini, namun akan terus berlanjut dalam upaya menyemarakkan bulan suci Ramadhan sebagai bulan yang penuh rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka. “Selama bulan Ramadhan nanti para siswa akan mendapatkan penguatan materi dan nilai-nilai keagamaan sebagai upaya memberikan pengalaman spiritual bagi para siswa”, ungkapnya.

Senada dengan Nasokha, Syaekudin selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini, yaitu tertanamnya nilai-nilai relegius dan menguatnya karakter sebagai pelajar Pancasila serta nilai-nilai moderasi beragama. “Kegiatan ini mengusung tema, menguatkan karakter profil pelajar Pancasila dan moderasi beragama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syaekudin juga menjelaskan terkait rangkaian kegiatan kemah bakti santri yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 9 s.d. 10 Maret 2024. “Setelah upacara pembukaan ini, kegiatan dilanjutkan dengan karnaval, gelar karya hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kearifan Lokal dan Kewirausahaan”, tuturnya.

Kehadiran para pengajar dan pembimbing yang akan memandu kegiatan selama kemah dan pesantren Ramadhan juga diharapkan dapat memberikan arahan dan pembelajaran yang bermanfaat bagi para siswa. Kemah Bakti Santri SMP Negeri 1 Kebonagung diharapkan dapat menciptakan momen-momen berkesan bagi para siswa serta memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter dan kepribadian mereka. (SAY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *